Kamis, 09 Juni 2011

persaudaraan







"Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembahKu." (Adz-Dzariyat:56). 
kaum muslimin mengetahui tujuan ini, hanya saja kebanyakan mereka melalaikannya sehingga berpengaruh buruk terhadap sendi-sendi kehidupan mereka. Oleh karena itu kaum muslimin harus mempunyai kebulatan tekad untuk kembali kepada upaya merealisasikan tujuan hidupnya dan konsisten terhadap segala konsekwensinya, agar kebahagiaan dunia dan akhirat yang mereka dambakan dapat direalisasikan. Kebahagiaan di dunia akan terasa bila umat ini telah menjadi satu, ketentraman jiwa dan kelurusan pandangan hidup telah menjadi kenyataan. Akan tetapi apabila tujuan hidup suatu umat telah berbeda antara satu dengan lainnya, maka yang terjadi adalah perpecahan dan pertikaian yang timbul sebagai akibat dari perbedaan jalan dan persaingan untuk mencapai tujuan masing-masing. Maka dari itu Allah Ta'ala telah menegaskan bahwa jalan hidup yang harus ditempuh kaum muslimin untuk mencapai tujuan hidupnya hanya satu. Allah berfirman:





"dan bahwa (yang Kami perintah-kan) ini adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya." (Al-An'am: 153).







73. Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka Shaleh. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhammu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun, (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih."(Q.S.Al A'raf)

sebuah persaudaraan didalam islam di ibaratkan bagai anggota badan bila satu bagian sakit maka seluruh badan juga akan merasakan sakit. dan dapat pula di ibaratkan sebuah bangunan yang satu sama lain saling menguatkan.

saudara bukan hanya orang-orang yang memiliki hubungan darah, kita sebagai manusia adalah saudara dalam satu keturunan, keturunan "ADAM",perbedaan kebudayaan, ras,gen,gender,keyakinan, itu dapat ditoleransi asal mengenal apa itu kesatuan, kesatuan, pesahabatan, dan persaudaraan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar